Purin, Makanan Penutup ala Japan

Teskturnya yang lembut seolah lumer di dalam mulut

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa selain makanan- makanan Jepang yang popular seperti aneka noodle ( soba, ramen, udon), sushi, teppanyaki ndan makanan berat lainnya, masyarakat Jepang sangat menyukai kudapan. Dan berbicara mengenai kudapan, Jepang adalah surganya. Saya sudah mewanti-wanti diri agar tidak tergoda dengan banyaknya kudapan di Jepang. Snack, dessert dan camilan dengan kemasan lucu-lucu membuat kita kadang tidak mampu menahan godaan untuk tidak mencicipinya.

Sebenarnya orang Jepang lebih suka membuat kudapan yang berbahan dasar tepung beras atau ubi. Namun salah satu inovasi makanan penutup yang sangat disukai masyarakat Jepang dan harus kamu cicipi adalah Purin. Ya, makanan penutup satu ini memang sudah menjadi bagian dari makanan Jepang. Purin, diucapkan oleh orang Jepang, sebenarnya berasal dari kata pudding sehingga kita bisa juga menyebutnya sebagai crème pudding atau pudding caramel.

Purin atau custard pudding adalah makanan penutup yang memiliki caramel saus dengan sedikit rasa pahit diatasnya. Teksturnya tidak sama dengan kebanyakan pudding. Meskipun tidak lembek namun purin sangat lembut. Di film-film anime sering sekali Purin ini muncul sebagai kudapan. Bahkan ada salah satu film seri Jepang yang dalam ceritanya mengadakan lomba membuat Purin terenak.

Hampir setiap supermarket, foodmarket bahkan kombini sekalipun menjual purin dalam kemasan mangkuk plastic kecil dengan berbagai varian. Yang paling popular tentu saja original flavor atau hanya berupa pudding caramel. Namun beberapa sudah mengkobinasikannya dengan buah atau bahkan dengan campuran matcha ( green tea).

Purin dapat juga dibuat sendiri di rumah. Bahan untuk membuat Purin adalah campuran telur, susu, gula dan sedikit vanili yang kemudian di panggang dalam oven. Bagian tersulit adalah membuat caramel karena harus benar-benar tepat mengukur suhunya. Kalau tidak mau repot tinggal membeli kemasan instant lalu tambahkan sedikit susu dan didinginkan. Selain itu saat ini banyak sekali toko-toko kue yang berlabelkan Eropa, yang menjual home made Purin. Sudah terbayang bukan bagaimana jenis makanan satu ini perlahan akan lumer di dalam mulut.

0
0
هل كانت هذه المقالة مفيدة؟
Help us improve the site
Give Feedback

شارك في المناقشة

Thank you for your support!

Your feedback has been sent.