Tur Kuliner di Kota Toba, Mie

Ngemil a la Orang Lokal

Tidak banyak yang tahu bahwa di Jepang ada kota bernama Toba yang terletak di Prefektur Mie. Kota yang memiliki nama mirip danau di Sumatera ini ternyata memiliki rahasia kuliner turun temurun yang dilestarikan oleh penduduk lokal. Berlokasi di Ise-Shima, sekitar 1.5 jam perjalanan dari Nagoya dengan kereta, kita akan disambut oleh pemandangan laut kota Toba yang bersisikan gunung. Kehidupan masyarakat lokal yang hidup berdekatan dengan budaya maritim membuat kuliner makanan laut di Toba menjadi begitu kaya. Wajar saja kalau banyak turis berdatangan ke kota ini khusus untuk menikmati makanan laut segar yang nikmat ala Toba.

Kaito Yumin Club Eco-tour, sebuah perusahaan operator wisata yang dikelola oleh orang lokal, mengajak saya untuk menjelajah kuliner khas Toba menggunakan waribashi sebagai paspor tur kuliner ini. Tur 'ngemil ala orang lokal ' ini sebut Tsumamigui tour. Tsumamigui sendiri artinya menjurus pada kelakuan mencomot makan, sesuai dengan kegiatan dalam tur ini dimana kita akan mencicipi sedikit demi sedikit panganan lokal yang tersedia. Harga tur ini cukup terjangkau, hanya 2,1000 yen untuk tur kuliner berjalan kaki sekitar satu jam. Cocok untuk turis yang ingin mengeksplor kota dalam budget dan waktu yang terbatas.

Namun tur kuliner yang disediakan oleh Kaito Yumin Club ternyata bukan sekedar makan. Kita juga akan diberikan pertunjukan proses pembuatan makanan yang kental dengan budaya Toba. Pada destinasi Sushi Ume, toko sushi tertua di Prefektur Mie, sushi master bukan hanya memberikan saya sepiring sushi untuk dicoba, namun juga mempertontonkan kebolehannya melakukan kesenian baran zaiku atau seni memotong daun baran yang biasanya digunakan untuk menghias piring sushi. Bukan itu saja, Kaito Yumin Club juga mengajak saya untuk berkunjung ke whole seller lokal yang menjual kerang hasil tangkapan Ama, penyelam wanita tradisional Jepang yang hidup di kawasan Taman Nasional Ise-Shima. Mengenal lebih dekat orang-orang di balik dapur yang membuat sajian makanan akan memberikan cultural experience tersendiri bagi para pelancong yang berkunjung ke Toba.

Info tur:

Kaito Yumin Club Eco-Tour

〒517-0011 Mie Prefecture Toba City Toba 1-4-53 tel:(0599)28-0001 fax:(0599)25-1300

www.oz-group.jp (English Page available)

0
0
هل كانت هذه المقالة مفيدة؟
Help us improve the site
Give Feedback

شارك في المناقشة

Thank you for your support!

Your feedback has been sent.